Subscribe: feed hugetuget

Selasa, 11 Juni 2013

Sekilas Tentang Bikin Home Recording Biaya Murah

Jika anda menyukai musik dan punya beberapa lagu ciptaan sendiri, pasti anda ingin mengabadikan lagu tersebut lewat rekaman. Sedangkan biaya rekaman sendiri tidak murah, sehingga anda menunda waktu untuk mengumpulkan dana agar lagu ciptaan anda bisa direcord.


Namun sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri, hanya dibutuhkan sebuah laptop atau komputer dan software recording anda sudah dapat merekam lagu yang anda inginkan.

Misalkan hanya merekam vocal atau suara bisa dengan microphone laptop yang bisa gunakan untuk video chat.

Guna menunjang nada alunan lagu dibutuhkan suara gitar, bass, drum, dan lainnya. Tetapi anda tidak mempunyai alat tersebut atau tidak dapat memainkannya. Anda tak perlu bersedih, karena semua itu dapat diatasi dengan software.

Untuk instrumen musik anda dapat membuatnya sendiri dengan bantuan software seperti Fruity Loops, Cubase, Nuendo, Sonar, Pro tools, Pre sonus, dan masih banyak lagi . .

Instrumen yang anda buat pada software tersebut berupa MIDI. Semua instrument musik dapat dibuat MIDI. Memang butuh kesabaran dalam membuat musik MIDI, disamping sulit untuk pemula juga membuatnya lebih lama dari recording menggunakan alat musik. Tapi kualitas suara tak diragukan, hampir mirip aslinya.
Jika software diatas tidak ada suara yang anda inginkan bisa menambahkan plugin vsti seperti, ezdrummer, addictive drum, bfd expansion, superior drum, harmonic, virtual guitarist, virtual bassist, dan lain-lain.
Contoh dan caranya membuatnya bisa anda lihat disini.

Namun jika anda ingin merekam gitar misalnya, hanya tinggal colokkan saja ke inputan microphone laptop atau komputer, namun anda harus membeli converter terlebih dahulu (karena lubang jack laptop atau komputer 3,5mm).

Setelah itu anda tinggal mengatur disofwarenya, Dan untuk efek gitar anda bisa menggunakan plugin guitar rig, amplitube, overloud th, dan lain-lain.

Hanya dengan modal seadanya tentu hasilnya tidak memuaskan. Terlebih jika rekaman anda banyak terdapat noise, distorsi, delay atau latency.

Ketiga masalah diatas terdapat pada souncard onboard laptop atau komputer. Dan noise, distorsi, latency tersebut dapat diminimalisi dengan bantuan software.

Untuk menghilangkan noise bisa dengan noise gate, noise remover, dan sebagainya.
Caranya bisa anda lihat dibawah ini.

Untuk mengurangi latency atau delay bisa menggunakan ASIO4ALL.
Caranya bisa lihat dibawah ini.
Cara Setting Asio4all agar Latency atau Delay Berkurang

Jika anda ingin lagu hasil rekaman anda terdengar bagus seperti layaknya blantika studio record, anda harus belajar mixing, mastering, panning, balancing, stagging, dan masih banyak lainnya.

Sekian pengetahuan dari saya semoga bermanfaat



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar