Subscribe: feed hugetuget

Senin, 09 Januari 2017

Perbaiki sendiri masalah komputer dengan peringatan "USB Device Over Current Status Detected!!"

Pernahkah komputer anda mati tiba-tiba? Padahal sebelumnya bisa digunakan normal sehari-hari. atau mungkin waktu pertama kali menyalakan komputer/pc langsung muncul peringatan "USB Device Over Current Status Detected!!"
System Will Shutdown After 15 Seconds."  Dilayar monitor.  Sebagian orang pasti akan panik karena untuk masuk menu bios saja tidak bisa. 


Gejala ini biasanya timbul akibat over voltage atau bahasa Indonesia nya kelebihan tegangan pada komputer. Itu terjadi karena listrik rumah tidak setabil, memakai genset, korsleting hardware komputer seperti mouse keyboard dan sebagainya, bahkan yang mengerikan terkena radiasi petir hingga listrik PLN dirumah padam.

Solusi awal untuk masalah komputer ini, Anda bisa cek satu-satu komponen komputer. 
- matikan komputer dan lepas semua perangkat kabel USB yang tersambung ke CPU. Sisakan monitor, dan coba hidupkan ulang komputer. Jika komputer kembali normal berarti ada perangkat USB device yang rusak / konslet. Segera ganti yang baru.
- jika dengan melepas USB tidak ada reaksi. Matikan komputer dan cabut baterai CMOS selama 30 detik atau reset CMOS dengan jumper. Setelah itu nyalakan komputer
- masih belum berhasil? Coba lepas RAM,HARDDISK,PROCESSOR. Pasang kembali dan prosesor beri termal paste. Nyalakan apakah berhasil?
- jika tiga cara diatas tidak mampu, coba ganti PSU yang baru. Karena masalah kelistrikan ada di PSU. cara ini biasanya ampuh.
- langkah terakhir jika masih belum berhasil,  ganti motherboard. Mungkin karena tidak kuat menahan voltage yang berlebihan dari PSU, akhirnya komponen elektronika pada motherboard ada yang short/rusak.
- jika semua cara tidak berhasil, bawalah ke service komputer. Karena disana mereka lebih berpengalaman dan bisa kalibrasi hardware untuk menemukan penyebab masalah tersebut.

Sekian trik mengatasi komputer dengan masalah usb device over current status detected. Semoga membantu..



Related Post:

0 komentar:

Poskan Komentar