Subscribe: feed hugetuget

Minggu, 05 Maret 2017

Merakit Sendiri Power Amplifier 2.1 Chanel Stereo

Merakit atau membuat atau menyusun menyambung apapun itu sebutannya yang penting jadi ampli. Siapa yang tak kenal ampli? Bagi musisi sudah tak asing lagi pastinya. Ampli adalah penguat sinyal audio sebelum masuk speaker. Ampli sendiri ada tipe 2.0 2.1 5.1 bahkan 7.1. Nah kali ini saya berbagi pengalaman merakit Amplifier tipe 2.1 Chanel, yang terdiri dari 2 speaker Twitter (trebel) dan satu Subwoofer (bass). Karena tipe 2.1 lebih cocok untuk film karena bass lebih menonjol, namun bisa juga untuk musik.

Siapkan dulu bahan-bahan nya..
Yang pertama power ampli, power ampli yang paling populer adalah ocl 150watt. Power ampli ada class nya, mulai class A,B,AB,C,D,dsb. Nah OcL masuk class C. Terserah anda mau bikin power mono/stereo. Kalau saya pilih yang 2.1 stereo 60watt. Tidak usah besar karena hanya untuk kamar.

Gambar diatas Power Supply sudah ada di pcb ampli jadi tinggal hubungkan langsung ke trafo 12volt 5ampere. Power Supply yang saya maksud adalah 2 elco besar warna hitam. 25v 6800uf beserta dioda bridge 5A yang ada disebelah kabel biru paa elco tadi.

Kit 2.1 ini saya dapatkan seharga sekitar 90ribuan, sudah lama sih saya sedikit lupa. Kit ini pakai IC tda 2050 yang konon katanya suaranya lebih jernih.

Jika sudah dapat kit ampli yang sesuai, tinggal kit tone controlnya. Berhubung kit diatas sudah ada tone controlnya, Jadi tidak usah beli lagi. Tone controlnya terdiri dari volume trebel dan bass. Sebenernya sih pengen yang terpisah, karena kalau ditambah mic bisa volume tidak ikut tone controlnya. Karena punya ini ya sudahlah lain kali bikin lagi.

Box ampli saya dapatkan dengan harga 35rb. Lumayan juga tapi agak lentur besinya. Dan kabel-kabel beli yang murah biar ngirit 😂😂. Dan konektor output dan input LED jangan ketinggalan.

Terakhir trafo ct 12volt 5ampere, bekas tipe deck dulu yang saya bongkar-pasang 😂😂. Kalau beli mungkin sekitar 60ribuan. Itupun tidak murni 😰.

Optional, sebagai tambahan saya tambah kit equalizer 7 Chanel biar suara bisa diatur sesuai selera 😂😂


tinggal rakit deh, sambung trafo ke power ampli jangan sampai kebalik. Kabelnya kan ada 3 Yang 1 CT tengah, yg dua bisa bolak-balik sambung ke 12. Di trafo tertulis 12-0-12.

Kemudian input power ampli yang tulisan R-gnd(G)-L disambung ke output tone control. kemudian sambung kabel-kabel potensio tone controlnya jika box nya tidak pas.
Seperti yang saya lakukan. Saya tambah tone balance, karena di boxnya ada lubang tersebut.

Setelah itu sambung output equalizer ke input tone control. Kemudian input equalizer ke konektor input RCA merah-putih. Terakhir output power amp ke konektor speaker.

Hasil akhirnya seperti dibawah ini:


Dibox nua masih ada sisa modul kit usb mp3. Nanti kapan-kapan saya tambahkan biar bisa langsung colok usb. Ada juga yabg sudah bluetooth 😆😆. Trafo nya sudah bocor juga, kalau jack listrik dibalik nyetrum, kalau dibalik lagi tidak nyetrum 😂😂






Related Post:

4 komentar:

Oplosan Essen mengatakan...

mantap dah
http://oplosanessen.com

Unknown mengatakan...

Ini ky ny ampli rakitan pabrik trus d bongkar buat blog

Ayam Jackpot mengatakan...

================================================

Alternatif CBO855

CBO855

178.128.118.38

Situs Poker Online Uang Asli

Situs Judi Online Uang Asli

Link Alternatif Fifapoker

================================================

Free Software Hub mengatakan...

Great post. Download Latest Version of MiniTool Power Data Recovery Technician Crack
Love your website Thanks for all the hard work and share it.
Download Latest Software for PC from 4howcrack.com

Posting Komentar